Bupati Kupang Minta Maaf kepada Guru Honor

Karena itu dengan segala keterbatasan yang dimiliki saya memperkuat kontrak daerah, khususnya para guru, dengan cara memberikan transportasi bagi kurang lebih seribu orang dan kemudian memberikan kontrak guru bagi kurang lebih memperkuat kontrak daerah 610 guru yang tersebar di kurang lebih 500 sekolah

Oelamasi, Suara Harapan – Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno kepada Suara Harapan di ruang kerja menyampaikan di tahun 2022 sektor pendidikan, ada dua aspek yang menjadi fokus perhatian Bupati Korinus, yakni sarana prasarana dan ketersediaan tenaga pengajar.

Tahun ini saya akan berusaha membantu sekolah yang masih lantai biasa supaya diselesaikan dan juga sekolah darurat akan dibantu, ujarnya.

Baca Juga :  Dompet Dhuafa Bersama Dinas Pendidikan Gelar Kegiatan Pencegahan Stunting Kepada 54 Guru PAUD

Persoalan guru menjadi salah satu problem yang membutuhkan perhatian serius pemerintah.

Kuota guru negeri baru setiap tahun tidak sebanding dengan jumlah guru negeri yang pensiun. Bahkan di beberapa sekolah dasar negeri, yang berstatus ASN hanya kepala sekolah. Sisanya adalah guru honor komite dan kontrak daerah.

Oleh karena itu dengan segala keterbatasan yang dimiliki saya memperkuat kontrak daerah, khususnya para guru, dengan cara memberikan transportasi bagi kurang lebih seribu orang dan kemudian memberikan kontrak guru bagi kurang lebih 610 guru yang tersebar di kurang lebih 500 sekolah, papar Korinus.

Baca Juga :  Bupati Kupang Pada Peresmian Sumur Bor di Noelbaki

Kebijakan itu memang menyerap anggaran yang cukup besar, kurang lebih Rp 64 miliar per tahun. Bandingkan dengan kondisi pendapatan asli daerah Kabupaten Kupang yang hanya berkisar di angka Rp 80 miliar.

Ini memang cukup berat tapi pilihan itu harus diambil agar kegiatan belajar mengajar di sekolah kemudian terus berjalan, ujarnya.

“Saya juga minta maaf kepada banyak anak-anak saya yang menjadi guru hanya mengandalkan honor dana BOS yang tidak seberapa, sebulan Cuma dapat Rp 200 ribu tapi mereka ini memiliki semangat pengabdian pada daerah dan negerinya yang luar biasa, lanjutnya.

Baca Juga :  BUPATI KUPANG AJAK SEMUA PIHAK DUKUNG KEHIDUPAN ANAK YANG BERKUALITAS

Terkait pemerataan guru, Korinus menjelaskan, ke depan aka ada kebijakan untuk mendorong guru-guru kontrak yang mengabdi di wilayah sekitar Kupang Timur, Kupang Tengah dimana terdapat kelebihan guru negeri untuk menutup kekurangan guru di daerah seperti di Amfoang, Fatuleu, Takari, dan Amarasi…

Materi Selanjutnya, silahkan baca di Majalah Cetak Suara harapan edisi XXXVII tahun 2022/ CP:082247329954/ Yupiter Loinati (Owneship Suara harapan)

Komentar