KEADAAN TANGGAL 11 APRIL 2021.

OELAMASI, SUARA HARAPAN – BERDASARKAN DATA YANG MASUK PADA PUSAT PENGENDALIAN OPERASI PENANGGULANGAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN KUPANG, MAKA DAPAT KAMI SAMPAIKAN DATA DAMPAK BENCANA BANJIR DAN ANGIN TOPAN AKIBAT SIKLON TROPIS SEROJA YANG MELANDA KABUPATEN KUPANG SEBAGAI BERIKUT:

JUMLAH KORBAN JIWA SAMPAI DENGAN HARI INI TETAP BERADA PADA ANGKA 15 JIWA DENGAN KETERANGAN 12 ORANG MENINGGAL DUNIA, SERTA 3 ORANG DINYATAKAN HILANG. SEMENTARA UNTUK KORBAN LUKA-LUKA SEMENTARA DILAKUKAN IDENTIFIKASI DATA.

KEMUDIAN UNTUK DATA RUMAH WARGA YANG TERDAMPAK BENCANA SAMPAI DENGAN SAAT INI TERCATAT BERJUMLAH 8.422 UNIT YANG TERDIRI DARI 2.821 RUMAH RUSAK RINGAN, 991 RUMAH RUSAK SEDANG DAN 4.610 RUMAH RUSAK BERAT. DATA INI MENINGKAT 28,66% ATAU 1.876 RUMAH DIBANDING DATA TANGGAL 10 APRIL 2021.

ADAPUN PENAMBAHAN RUMAH RUSAK AKIBAT BENCANA BERADA DI KECAMATAN AMARASI, KECAMATAN AMARASI BARAT, KECAMATAN KUPANG TENGAH, KECAMATAN SEMAU SELATAN DAN KECAMATAN SULAMU. DATA INI BERSIFAT SEMENTARA DAN AKAN DILAKUKAN PEMUKTAHIRAN SESUAI KATEGORI KERUSAKAN RUMAH AKIBAT BENCANA YANG DITETAPKAN OLEH BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA.

SELANJUTNYA UNTUK FASILITAS PUBLIK YANG TERDIRI DARI FASILITAS PEMERINTAHAN, FASILITAS PENDIDIKAN, FASILITAS KESEHATAN DAN FASILITAS PERIBADATAN/ KEAGAMAAN, TERMASUK SARANA DAN PRASARANA JALAN JEMBATAN YANG TERDAMPAK BENCANA DI KABUPATEN KUPANG BERJUMLAH 197 UNIT YANG TERSEBAR DI 24 KECAMATAN SE-KABUPATEN KUPANG.

SELAIN DATA KORBAN JIWA, RUMAH, FASILITAS PUBLIK DAN PEMERINTAHAN, SERTA INFRASTRUKTUR JEMBATAN PADA KESEMPATAN INI JUGA AKAN KAMI SAMPAIKAN DATA SEMENTARA LAHAN PERTANIAN YANG TERDAMPAK BENCANA DI KABUPATEN KUPANG DENGAN JUMLAH MENCAPAI 8.007 HEKTARE DENGAN RINCIAN 2.713 RUSAK RINGAN,1.548 RUSAK SEDANG DAN 3.746 RUSAK BERAT. LAHAN PERTANIAN MERUPAKAN LAHAN TANAM YANG SELAMA INI TELAH DIUSAHAKAN MASYARAKAT UNTUK KOMODITI TANAMAN PANGAN, HOLTIKULTURA DAN PERKEBUNAN.

DEMIKIAN DATA SEMENTARA DAMPAK BENCANA AKIBAT SIKLON TROPIS SEROJA DI KABUPATEN KUPANG. DATA INI BERSIFAT SEMENTARA DAN AKAN TERUS DILAKUKAN PEMBAHARUAN SETIAP HARINYA SESUAI PERKEMBANGAN DATA YANG MASUK PADA PUSDALOP BPPD KABUPATEN KUPANG.

BESAR HARAPAN KAMI PERAN AKTIF DARI SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN KUPANG DALAM MENYAMPAIKAN DATA DAN INFORMASI KAITANNYA DENGAN DAMPAK BENCANA DI KABUPATEN KUPANG. HAL INI PERLU KAMI SAMPAIKAN MENGINGAT, SAMPAI DENGAN SAAT INI MASIH TERDAPAT BEBERAPA WILAYAH YANG TERISOLIR OLEH INFRASTRUKTUR JALAN DAN KOMUNIKASI SEHINGGA MENGHAMBAT PROSES PENDATAAN, PENCARIAN, PENYELEMATAN MAUPUN EVAKUASI KORBAN.

UNTUK ITU MAKA TERHADAP INFORMASI YANG KIRANYA HENDAKNYA DISAMPAIKAN OLEH MASYARAKAT, KAMI PEMERINTAH KABUPATEN KUPANG MEMBUKA LAYANAN INFORMASI LAYANAN SMS DAN TELP 24 JAM DENGAN NOMOR 081 353 711 555 DAN 081 339 430 050.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

KETUA POSKO KOMANDO TANGGAP DARURAT KAB KUPANG (IR. OBET LAHA)

Komentar