“Organisasi dan kuliah adalah dua aspek yang sama-sama penting. Tapi yang terpenting adalah tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan utama menjadi seorang mahasiswa yaitu kuliah. Jangan sampai segala kesibukan organisasi menggagalkan apa yang menjadi harapan banyak orang khususnya orangtua dan keluarga. Itulah tanggungjawabmu atas kesempatan yang telah diberikan kepadamu. Kesempatan yang diberikan itu tidak datang dua kali maka manfaatkan kesempatan itu secara benar dan bijak. Jadikanlah organisasi menjadi wadah untuk menemukan potensi diri, potensi sesama teman organisasi untuk sama-sama maju, sukses baik dalam organisasi maupun dunia perkuliahan. Jangan sampai kesibukan organisasi membenamkan tujuan akhir dari cita-citamu menjadi seorang mahasiswa

Kupang, Suara Harapan – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dan kreativitas mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam salah satu organisasi kategorial kemahasiswaan, Gemadora Kupang. Dalam sikon yang cukup sulit dan terbatas mereka bahu membahu menyukseskan salah satu program keorganisasian mereka yaitu Penguatan Kapasitas Kader (PKK). Dua metode yang dipakai untuk melaksanakan kegiatan ini yakni Offline maupun Online/virtual melalui media Zoom.

Rabu, 05 Mei 2021 bertempat di Sekretariat Gemadora Kupang kegiatan PKK tersebut dimulai dengan Seremonial Pembuka. Selain anggota Gemadora Kupang kegiatan seremonial ini dihadiri beberapa undangan yaitu beberapa perwakilan OKP, para senior dan orangtua yang menjadi pembina Gemadora Kupang.

Dalam pengantar awal acara ini Elisabeth Windiana Somi yang didaulatkan sebagai Master of Ceremony (MC) menjelaskan bahwa kegiatan PKK ini merupakan kegiatan rutin tahunan Gemadora Kupang. Kegiatan PKK kali ini berlangsung selama empat hari, mengangkat tema: “Penguatan Kapasitas Kader dengan jiwa leadership yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap organisasi”.

Maria Margaretha Masan Dai selaku ketua panitia kegiatan dalam pemamparan laporan kepanitiaan mengatakan bahwa secara keseluruhan ada kurang lebih 40-an lebih orang yang mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari para peserta, panitia dan para senior. Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai materi antara lain: Manajemen Organisasi, Kepemimpinan, Publik Speaking, Analisis SWOT, Jurnalistik, Kesekretariatan dan beberapa materi lainnya.

“Mewakili semua anggota panitia kegiatan saya mengucapkan terima kasih banyak bagi semua pihak dengan caranya masing-masing baik langsung maupun tidak langsung untuk menyukseskan kegiatan PKK kali ini. Kami merasa bangga karena dalam sikon yang sulit dan serba terbatas ini kegiatan PKK ini dapat dilaksanakan. Salut buatmu, “pungkasnya.

Ignasius Pati selaku Ketua Gemadora Kupang dalam sambutannya juga mengungkapkan kebanggaannya pada panitia dan anggota Gemadora Kupang.

“Saya bangga dengan panitia khususnya dan anggota Gemadora umumnya bahwa dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan sudah bahu membahu mempersiapkan segala hal sehingga kegiatan PKK hari ini dapat dilaksanakan. Harapan saya, semoga usaha dan kerja keras kita semua tidak sia-sia. Manfaatkan momen ini untuk menimbah sesuatu yang berguna bagi perkembangan diri dan dalam memajukan organisasi ini seperti tema yang diusung kegiatan PKK kali ini, menjadi seorang kader organisasi dengan jiwa leadership dan loyalitas yang tinggi, “tutur Ignasius.

Mewakili OKP, Ketua IPELMEN Kupang, Emiliana Nulane dalam sambutannya juga mengucapkan apresiasi kepada civitas akademika yang tergabung dalam organisasi Gemadora Kupang.“Bagi saya teman-teman Gemadora sangat luar biasa. Di kondisi yang serba terbatas dan dalam kondisi pandemi Covid-19 teman-teman Gemadora mampu mendesain sebuah konsep kegiatan yang sangat berguna dan memiliki nilai tambah bagi organisasi Gemadora. Tak ada yang kata istimewa atas usaha, kerja keras, kreativitas yang telah dilakukan ini. Profisiat untukmu Gemadora Kupang, “tandas Emiliana.

Pada kesempatan terakhir dalam pesan singkatnya via media zoom Maxedis Lamawato mewakili orangtua Adonara Barat menekankan tentang pentingnya membuat keseimbangan antara urusan organisasi dan kuliah.

“Organisasi dan kuliah adalah dua aspek yang sama-sama penting. Tapi yang terpenting adalah tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan utama menjadi seorang mahasiswa yaitu kuliah. Jangan sampai segala kesibukan organisasi menggagalkan apa yang menjadi harapan banyak orang khususnya orangtua dan keluarga. Itulah tanggungjawabmu atas kesempatan yang telah diberikan kepadamu. Kesempatan yang diberikan itu tidak datang dua kali maka manfaatkan kesempatan itu secara benar dan bijak. Jadikanlah organisasi menjadi wadah untuk menemukan potensi diri, potensi sesama teman organisasi untuk sama-sama maju, sukses baik dalam organisasi maupun dunia perkuliahan. Jangan sampai kesibukan organisasi membenamkan tujuan akhir dari cita-citamu menjadi seorang mahasiswa, “tegasnya.

Kegiatan PKK akan berlangsung dari tanggal 05 Mei – 8 Mei 2021 itupun kemudian dibuka dengan resmi dan disambut dengan tepuk tangan meriah.*Tim/Robby Lamawato,Yorius Ama, Maria Paun.

Komentar