Para gembala bertemu keluarga kudus 
Majalahsuaraharapan.com|
Selamat Tahun Baru! Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, frasa ”Selamat Tahun Baru” berarti mudah-mudahan selamat pada tahun baru ini. Frasa ini berisi harapan. Bagaimanapun tak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi pada 2020 ini. Namun, kita bisa belajar dari para gembala Efrata.
Lukas mencatat: ”Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan” (Luk. 2:16). Dalam BIMK tertera: ”Mereka segera pergi, lalu menjumpai Maria dan Yusuf, serta bayi itu yang sedang berbaring di dalam palungan.”
Ada frasa ”cepat-cepat” atau ”segera”. Ini berarti bicara soal prioritas. Dalam KBBI, prioritas berarti ”yang didahulukan dan diutamakan daripada yang lain”. Dan prioritas para gembala malam itu adalah pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada mereka.
Hidup adalah pilihan. Hidup—kata teman saya Meni semasa hidupnya—hanyalah serangkaian keputusan yang diambil. Dan dalam hidup begitu banyak pilihan. Bagian kita adalah memutuskan mana yang hendak dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan. 
Para gembala itu cepat-cepat. Cepat-cepat berarti segera sekali. Sebab, hari ini Mesias lahir. Dan alamatnya adalah palungan dan lampin. Tidak cepat-cepat, mungkin alamatnya sudah berubah. Kalau alamat bagi para Majusi adalah bintang-Nya yang kelihatan di Timur, maka bagi para gembala alamat Sang Bayi adalah palungan dan lampin.
Cepat-cepat berkenaan dengan momentum. Momentum, dalam fisika, berarti massa x kecepatan. Momentum berarti kesempatan. Dan kata orang kesempatan itu tak berwajah sehingga kita sulit mengenalinya dan ekornya pun licin, sehingga kala sadar kita sering luput dalam menangkapnya.
Cepat-cepat bukan berarti tanpa hitungan. Cepat-cepat mengesankan kesiagaan. Cepat-cepat berarti sungguh mampu memperhitungkan segala sesuatu. Bukankah itu yang dilakukan para gembala. Mereka tak asal pergi, tetapi berembug dahulu. Berkoordinasi. Meneguhkan satu sama lain. Agar mampu mengisi waktu itu sebaik-baiknya, sebenar-benarnya, dan setepat-tepatnya!
Selamat Tahun Baru 2020!*
Satuharapan 

KOMENTAR ANDA

BACA JUGA:   COPA PAMAN SAM 2019 GANDENG MANCESTER UNITED