Perlahan, Revolusi 5P (Pertanian) di Kabupaten Kupang Menuai Hasil

ADVERTORIAL31 Views

Oelamasi, Suara Harapan –Kamis, 28 April 2022. Obet Laha Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Kupang hadir dalam rangka melakukan panen padi perdana secara simbolis bersama kelompok Tani di desa Manusak, dusun Oeboboa.

Kegiatan ini demi mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Kupang yaitu Revolusi 5P salah satunya yaitu Pertanian.

Sekda mengapresiasi kerja keras dari Ketua dan seluruh badan pengurus kelompok Tani Sodamolek yang dengan berbagai keterbatasan telah berhasil mewujudkan Revolusi 5P di tempat ini.

Hal ini perlu diteladani oleh kelompok Tani lainnya dalam penerapan konsep pertanian yang efektif dan produktif.

“Dengan kegigihan dan semangat serta kerja keras, saya yakin kita akan mampu menjadikan kabupaten Kupang sebagai daerah yang sukses di semua bidang termasuk pertanian.

Segera selesaikan segala kekurangan dan keterbatasan yang ada demi mencapai keberhasilan”, jelas Obet.

Sekda kab. Kupang mengakui bahwa kemajuan yang terjadi di bidang pertanian, bukanlah kemajuan yang datang secara gratis dan tiba-tiba.

Dirinya menyatakan bahwa semua sumber daya yang ada di kab. Kupang akan dicurahkan ke bidang pertanian, perkebunan, peternakan, pariwisata dan perikanan.

Kekurangan pada aspek irigasi, aspek produksi, pupuk, bibit dan saprodi, aspek pasca produksi, nilai dan pasar komoditas, segera diselesaikan dalam tahun ini juga.

Sekda juga meminta Kadis Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan kab. Kupang untuk bisa memperhatikan hal ini secara serius.

Dirinya memastikan bahwa dalam tahun ini dan tahun depan, bendungan raknamo sudah bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk pertanian. Semuanya akan dikoordinasikan secara cepat dan tepat.

Akhir sambutan ia mengajak semua masyarakat khususnya para kelompok Tani yang ada untuk bekerja sama demi menjadikan kab. Kupang lebih maju, mandiri dan sejahtera.

Ketua Poktani Sodamolek Malton A. Ulu merasa bersyukur atas segala dukungan Pemkab Kupang melalui program yang sudah dikelola oleh kelompok Tani yang dinikmati hari ini.

Dirinya mengakui bahwa melalui pengalaman panen saat ini, masyarakat dan kelompok Tani Sodamolek ingin merasakan apa yang dirasakan kelompok Tani lainnya. “Semoga bisa ada perubahan kedepannya. Karena saat ini panen masih dilakukan secara manual.”

Camat Kupang Timur, Denny Tadoe menjelaskan, dalam bidang pertanian di kab Kupang khususnya masyarakat Kec. Kupang Timur telah melakukan program Bupati dan Wabup yaitu Revolusi 5P khususnya bidang pertanian.

Apalagi curah hujan tahun ini cukup baik sehingga hampir semua lahan kosong dapat dikelola dengan baik.

“Kami siap sukseskan seluruh program Pemkab Kupang terkhusus program Revolusi 5P. Kiranya Pemkab Kupang juga bisa melihat potensi besar yang ada di kec. Kupang Timur sehingga bisa menjadi catatan penting bagi desa Oeboboa.

Kami akan mendorong para petani disini untuk tidak hanya bergantung pada pemerintah namun harus mampu hidup mandiri”, tegas Camat Kupang Timur.*Sipers ]]>