Foto:Tim Kompas
Maumere,Majalahsuaraharapan.com-Ribuan umat Muslim di Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, NTT, menunaikan shalat Idul Adha di depan Gereja GMIT Kalvari Maumere, Minggu (12/8/2019). Pantauan Kompas.com, Minggu pagi, ribuan umat Muslim berdatangan mulai pukul 05.30 Wita.
Umat Islam datang dari 9 mesjid yakni 5 dari dalam Kota Maumere dan 4 dari luar kota. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, ada pula yang pakai taksi dan jasa ojek.  
Dengan berlangsungnya shalat Id yang berlangsung di depan gereja GMIT Kalvari tersebut, umat Kristen yang biasa beribadah di Minggu pagi menunda waktu ibadah.
Biasanya, ibadah dimulai pukul 07.00 Wita. Hari ini, ibadah umat Kristen ditunda ke pukul 09.00 Wita.  
Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sikka Lukman mengatakan, kurang lebih 1.800 umat Islam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berkumpul menunaikan shalat Id di Lapangan Kota Baru Maumere.  
Ia mengungkapkan, jumlah umat Islam yang hadir tahun ini lebih banyak sebelumnya.  Ia menjelaskan, waktu pelaksanaan shalat Id bertepatan pada hari Minggu, saat umat Kristiani beribadah.  
Beberapa hari sebelumnya, panitia telah berkoordinasi dengan pendeta GMIT Kalvari terkait pelaksanan shalat Id yang bertepatan di hari Minggu dan di depan gereja.  
“Hasil koordinasinya yaitu perayaan kebaktian pagi jemaat Kalvari diundur dari pukul 06.00 ke pukul 09. 00. Itu minggu lalu kita bersurat. Saya sendiri juga datang bertemu Ibu Pendeta. Kami sepakat untuk menyesuaikan,” ujar Lukman kepada Kompas.com usai pelaksanaan shalat Id, Minggu (12/8/2019).
“Terima kasih dan apresiasi atas toleransi dari umat gereja GMIT Kalvari Maumere yang sudah memberikan waktu kepada jemaat Muslim menunaikan shalat id hari ini. Luar biasa, hari pelaksanaan shalat id bisa berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya. 
Aparat keamanan dari Polres dan Kodim Sikka juga turut mengamankan shalat id yang berlangsung di lapangan Kota Baru Maumere tersebut.  
Dandim Sikka, Letkol Inf Sugeng mengatakan pengamanan shalat id dilakukan personil non-muslim. Ia menerangkan, pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup.
“Semuanya dilakukan demi kelancaran keberlangsungan shalat Id. Hari ini semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kendala,” terangnya.
Terpantau, ribuan umat Muslim tampak khusyuk menunaikan shalat Id dari awal sampai akhir. (Kompas.com)

KOMENTAR ANDA

BACA JUGA:   Tes Siaran di Studio Swara NTT