UCAPAN TERIMA KASIH BUPATI KUPANG KEPADA MENTERI PERTAHANAN RI

Aritkel123 Views

Suara Harapan-Pemberian piagam penghargaan dan PIN Patriot Bela Negara dari Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto bagi eks Pejuang Timor Timur di wilayah Kodim 1604/ Kupang, diserahkan oleh Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan), Mayor Jenderal TNI Mohammad Fadjar dengan didampingi Bupati Kupang Korinus Masneno.

Pemberian piagam penghargaan kepada perwakilan penerima, ditandai dalam upacara persiapan yang dipimpin langsung oleh Dirjen Pothan selaku inspektur upacara, bertempat di halaman kantor Bupati di Oelamasi, Rabu (23/8/2023).

Hadir dalam acara ini, tokoh pejuang eks Timor Timor Eurico Gutteres, Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Teguh A.S, Wakil Komandan Lantamal Aris Budiadi, perwakilan dari Polda NTT Sahidin Suna, Jajaran Kodim 1604/Kupang, Kajari Kabupaten Kupang Muhammad Ilham dan undangan lainnya.

Bertindak selaku Inspektur upacara, Dirjen Pothan menyampaikan amanat Menhan Prabowo yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

Dalam keterangan tertulis Menhan dikatakan acara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan negara, kepada Warga Negara Indonesia yang pernah berperan serta berjuang menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini adalah momentum untuk menumbuh kembangkan semangat bela negara bagi semua komponen bangsa. Saudara-saudara berhak menerima penghargaan atas perjuangan, pengorbanan dan kesetiaannya kepada NKRI. Selain penghargaan, para penerima¬† juga akan menerima sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan memelihara kecintaan kita kepada NKRI,” kata Dadang menyampaikan pesan Prabowo.

Selain itu Dirjen Pothan menambahkan, atasnama Menteri Pertahanan ia sampaikan terima kasih untuk Bupati dan Forkopimda Kabupaten Kupang yang sudah memfasilitasi tempat, serta seluruh perangkat upacara sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan baik, tertib,dan penuh khidmat.

Bagi dia, eks pejuang Timor Timur adalah saksi hidup dari sebuah perjuangan. Mereka adalah orang-orang yang terbukti menunjukkan loyalitas dan cinta kepada NKRI. Ia pesankan agar generasi penerus bangsa dari para pejuang Timor Timur ini untuk terus belajar akan kesadaran tentang bela negara.

“Saudara adalah penjuru-penjuru yang menularkan rasa cintanya kepada NKRI dan tetap utuh untuk negeri ini. Kita dan generasi penerus kita adalah pelaku sejarah. Tetap kuat mentalitas NKRI, dengan terus membangun untuk negeri.

Dengan kekuatan mental yang anda punya, Kabupaten Kupang dan NTT akan terus maju dibawah kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Gubernur Victor Laiskodat,”ungkap dia mengakhiri amanatnya.

Usai upacara Dirjen Pothan M.Fadjar turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Eurico Gutteres yang telah berjuang dan membina rekan-rekan eks pejuang Timor Timur sampai pada saat ini. Lanjut ia katakan, para pelaku sejarah dan saksi hidup yang memiliki jiwa patriotisme, patut dicontoh, ditiru oleh semua warga, jangan pernah luntur rasa cinta untuk tanah air, jangan pernah terkikis oleh zaman, jangan pernah terprovokasi yang menyebabkan lunturnya rasa cinta dan bela negara,”harap dirinya.

Sementara Bupati Kupang Korinus Masneno mengungkapkan atasnama pemerintah dan masyarakat, menyampaikan terima kasih kepada Menhan Prabowo Subianto atas penghargaan yang diterima oleh warga kabupaten Kupang yang adalah warga eks Timor Timur.

“Pemberian penghargaan ini tepat karena warga eks Timor Timur termasuk salah satu ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pembangunan ekonomi.

Termasuk ikut berikan semangat dan keteladanan bela negara untuk masyarakat Kabupaten Kupang,”kata Masneno.

Perwira Penghubung Kodim 1604/Kupang, Parada Napitupulu dalam laporan kesiapan pelaksanaan kegiatan saat upacara berlangsung, melaporkan bahwa peserta penerima piagam penghargaan berjumlah 400 orang dan sosialisasi Bela Negara yang akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2023 sebanyak 200 orang eks pejuang Timor Timur.*Prokopim